Budiono Darmawan

an eCommerce Wizard

Tips Menyetir Di Sebelah Kanan

Sebelum liburan ke Turki dan Yunani, gw dan micang akhirnya memutuskan untuk menyewa mobil selama liburan. Sebagai persiapan, gw mulai latihan nyetir di sebelah kanan jalan (dalam khayalan gw aja tentunya, bahaya banget kalo gw praktekin di Jakarta). Tp ternyata gw gak bisa dapet feelnya. Gw berusaha lagi mencari cara supaya gw bisa merasakan The Real Situation nyetir di kanan jalan. Gw pun akhirnya mendapat ide, donlot aja game city car…

..dan berakhir dengan mobil gw kebalik! Walaupun gw tau itu cuma game, tp gw makin berpikir “anjrit, susah banget yak !”

Kemudian gw coba untuk cari di Google… Dan hasilnya gak banyak.
Jadi gw berpikir, nanti kalo sukses gw nyetir di kanan jalan, gw mau buat tipsnya deh.

So ini tipsnya (artinya gw udah sakses nyetir di kanan jalan) :

1. Bersyukurlah kalo lo ternyata fasih nyetir di Indonesia. That’s one of the best investment! Karena jujur aja, gw baca2 bahwa nyetir di Turki itu katanya nightmare. No rules! Kalo lo baca referensinya gw jamin lo bakal parno sendiri! Apalagi host gw di Ankara bilang bahwa tingkat kecelakaan Turki dibanding Amerika adalah 1:5. Jadi kalo di Amerika ada 1 kecelakaan, maka di Turki ada 5 kecelakaan. Serem kan? Tapi itu Amerika broh! Mereka harus coba merasakan  kelakuan pengemudi jakarta beserta angkutan umum metromini, kopaja daaan pengendara motornya! Turki doang mah… Fuh lewat jauh!

2. Pastikan selama lo di Indonesia, lo adalah pengemudi yg patuh, atau paling nggak lo ngerti peraturan lalu lintas deh… Atau paling nggak logika lo jalan lah. Misalnya kalo mau nyalip lo liat spion, cek ada mobil di belakang lo gak. Kasih sen ketika mau belok kiri atau kanan (kan mobil di belakang lo bukan pembaca pikiran yg bisa tau lo mau belok kiri atau nggak). Di negara maju biasanya semua orang mengikuti sistem transportasi yg berlaku. Misalnya nih, selama nyetir di Turki, ketika lagi melaju lumayan cepet di lajur kiri (lajur yg paling cepat) gw gak pernah ngasih lampu besar atau klakson ke mobil di depan ketika mau mendahului mereka. Kenapa? Mereka dengan patuhnya menepi ke kanan ketika ada mobil di belakang mereka yg mau nyalip. Kalo disini sih, udah lo kasih dim ratusan kali klakson jutaan kali, yang di depan lo sih udah kebas otaknya, tetap jalan di lajur paling cepat. Nah intinya, kalau di Indonesia lo sering di sumpahin orang karena kelakuan nyetir lo ugal, mending lo pikirin dua kali deh niat lo sewa mobil, daripada liburan jadi berantakan kan?

3. Beberapa saat setelah sampai di negara yg bersangkutan, tiba – tiba gw dapet ide lumayan brilian (setidaknya menurut gw). Jadi gw berencana sebelum sewa mobil, gw naik angkutan umum dulu, mau taksi kek, angkot kek, atau bis (asal bukan kereta atau trem, kan lo maunya nyewa mobil, bukan nyewa trem). Ketika di angkutan umum, (kalau bisa) cari duduk paling depan, atau paling nggak bisa keliatan lah jalanan di depan. Nah dari situ pelajarin deh gimana caranya.

4. Sebenernya cuma ada 2 hal yg harus dikuasai banget, yaitu di bundaran dan belok ke kiri di perempatan. Selalu ingat ini,  ketika di perempatan mau belok kiri, maju sedikit, kemudian baru belok kiri. Kalau di bundaran, selalu ambil lajur yang kanan ketika keluar dari bundaran. Untuk belok kanan, lebih gampang, karena tinggal belok kanan seperti biasa.

5. Hindari langsung menyetir dimalam hari. Biasakan dulu menyetir disiang hari.

6. Pastikan sebelum lo sewa mobil, Foto mobilnya! Jadi pihak yang menyewakan mobil tidak bisa berlaku curang. Foto mobilnya sebelum lo menanda tangani berkas apapun itu.

7. Nyetir di jalan dalam kota lebih susah dibanding nyetir keluar kota atau di jalan bebas hambatan. Tadinya gw berpikir bahwa nyetir di jalan tol bakalan lebih susah. Tapi ternyata, tinggal gas doang sama perhatiin rambu2 yang berlaku, dan tetap terjaga. Karena penyakit di jalan tol ini adalah NGANTUK! Kalau berasa ngantuk, mending menepi, lakukan senam 5 menit, atau cari tempat istirahat.

8. Waspada terhadap speed limit. Ditilang di negara orang mahal! Apesnya di Indonesia speed limit itu gak berlaku, atau lebih tepatnya : ada tapi di cuekin.

9. Ini tips yang terakhir. Kenapa gw kasih di belakang, karena sangat beresiko. Tips : Nyontek! Ternyata skill nyontek tingkat dewa yg gw dalami selama sekolah sangat berguna disini. Kalo lo bingung, liat aja mobil depan. Tapi kadang ada kejadian dimana lo adalah satu-satunya mobil di jalanan itu dan gak ada yg bisa lo contek. Yg perlu lo lakukan adalah keep calm! Paling yang ada lo di klaksonin aja, di Jakarta udah biasa dong kalau cuma di klaksonin. Setelah itu mulai pelan-pelan berpikir, jalur mana yang seharusnya lo ambil. Tapi mesti diingat, untuk tips yang ini DO IT WITH YOUR OWN RISK! Karena bisa aja orang yang lo contek juga salah…

Dah segitu dulu yah. Sekali lagi tips ini hanya berdasarkan pengalaman gw (yang baru nyetir pertama kali juga). Kalo mau kasih feedback, silahkeun…

 

Safe drive and have a great holiday!

DROP A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *